Mengenal Apa Itu Echosounder Kapal

Echosounder Kapal

Echosounder merupakan alat navigasi untuk mengukur kedalaman laut dengan cara mengirimkan gelombang/getaran akustik dari permukaan ke dasar laut yang akan kembali diterima oleh transducer yang terpasang di dasar kapal. Penghitungan kedalaman akan kita dapat dari waktu tempuh arah yang berbeda yang berasal dari kecepatan suara di dalam air.

Komponen Bagian-bagian di Echosounder

  • Display Unit/Recorder
Echosounder D390

Display Unit D390

Display unit berfungsi untuk memuat hasil gelombang/sinyal dari receiver. Informasi terkait data tersebut kemudian akan diubah supaya bisa ditampilkan dan dibaca secara langsung. Hasil data tersebut akan digunakan untuk proses pengolahan data.

  • Transducer

Sedangkan Transducer digunakan untuk mengubah listrik yang dialirkan dari Transmitter lalu dipantulkan ke permukaan laut dalam bentuk gelombang. Selain itu transducer juga berperan sebagai pemancar gelomba

  • Receiver

Receiver merupakan alat yang digunakan sebagai penangkap gelombang atau resonansi yang telah dipantulkan kembali dari dasar permukaan laut, dan receiver juga berfungsi untuk memperkuat sinyal yang ditangkap sebelum nantinya diteruskan ke recorder untuk diproses. Receiver bisa menjadi alat untuk memilih dan mengolah sinyal atau gelombang yang datang.

  • Transmitter

Alat ini digunakan sebagai pengalir listrik ke Transducer.

Ini Fungsi dari Alat Echosounder

  1. Sebagai alat yang digunakan untuk mengin (Subbottom Profilers).
  2. Mengukur kedalaman laut.
  3. Pemetaan Dasar Laut (Seabed Mapping).
  4. Penentuan jalur pipa dan kabel untuk di bawah laut.
  5. Mencari bangkai-bangkai kapal di dasar laut.
  6. Analisis Dampak Lingkungan di dalam laut.

Bagaimana Alat Echosounder Bekerja?

Prinsip Kerja Echosounder

Alat echosounder adalah alat yang memiliki cara kerja masing-masing, namun secara umum biasanya memiliki cara kerja sebagai berikut:

Mulai memasang alat lalu cek keadaan alat sebelum mulai melakukan pengambilan data.

  1. Cek kembali apakah kabel single beam dan display sudah terpasang dengan benar.
  2. Pastikan antena terpasang dan jika diperlukan input satelit GPS.
  3. Arahkan single beam ke bawah sehingga masuk ke dalam air.
  4. Atur skala kedalaman yang ingin kita tampilkan di display.
  5. Atur frekuensi ke 200 Hz untuk laut yang dangkal atau 50 Hz untuk laut yang dalam atau dual untuk menggunakan kedua frekuensi tersebut.
  6. Dapat mengatur input data air yaitu tingkat keasinan air laut, temperatur serta tekanan air.
  7. Pengambilan data.
  8. Dan terakhir pengolahan data.

Meski echosounder ini belum bisa maksimal digunakan untuk mendeteksi laut yang semakin dalam karena gambar yang dihasilkan tidak terlalu jelas. Tetapi, fitur lain yang ada di Echosounder ini sangat membantu penggunanya. Seperti salah satunya mendeteksi ikan di bawah laut yang sangat membantu nelayan saat melakukan pekerjaannya.

Mengenal Alat Echosounder D390

Echosounder Kapal Alat Navigasi

Echosounder D390 Untuk Navigasi

>>>>>>>YUK KLIK DISINI BUAT LIHAT ECHOSOUNDER D390<<<<<<<

Adalah salah satu Echosounder terbaik dibidangnya karena kaya akan fitur yang sangat membantu proyek kita. Echosounder ini memiliki sistem All in One dengan frekuensi tunggal.

Beberapa fitur unggulan yang dimiliki Echosounder D390 untuk membantu proses pengukuran kedalaman laut seperti:

  • Solusi untuk Hidrografik

D390 dapat mengurangi biaya mobilisasi sebesar 20% karena merupakan solusi terjangkau dan terintegrasi yang dikombinasikan dengan kinerja PC industri.

  • Solusi survey yang disederhanakan
  • Dengan DGNSS Interface dan Sensor standar
  • Pengoperasian tanpa lag dimulai sejak menyala

D390 ini mudah diatur dan digunakan di mana pun, karena Echosounder ini sudah portable yang ringan dan memiliki penutup dengan paduan aluminium bersertifikat IP66 yang kokoh.

Memiliki tampilan layar 12 inchi juga menjadi salah satu keuntungan dalam pengoperasian D390 ini, tidak lupa suara yang diperluas hingga 200 kHz yang memudahkan keperluan navigasi di lautan, perairan pedalaman, sungai, waduk, hingga daerah pesisir.

Kalian bisa mendapatkan alat ini dengan menghubungi kami. Karena kami sebagai perusahaan yang berpengalaman di bidang testing and measurement, kami dapat menyediakan Echosounder yang bisa membantu Anda dalam proses pengukuran kedalaman laut, pemetaan dasar laut, dll. Kami menyediakan alat dengan kualitas terbaik dan harga yang terjangkau.

SEPUTARALATUJIGEOTEKNIK – Dan kami juga melayani berbagai macam jasa untuk instalasi pada alat uji dengan bantuan engineering kami yang berpengalaman. Informasi lebih lanjut untuk konsultasi atau pemesanan, Anda dapat hubungi kami di nomor +62813-9929-1909 (Fikri), dan Email: sales.alatujigeoteknik.com atau dapat melalui layanan live chat yang kami sediakan di pojok kanan bawah web ini.

sumber:

https://blog.ub.ac.id/diahardani/tag/echosounder/

Klik untuk mengakses T-4.pdf

https://pdfcoffee.com/panduan-alat-echosounder-pdf-free.html

Tinggalkan komentar

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai