Apa itu Strain Gauge Sensor? Berikut Penjelasannya

Strain Gauges adalah alat geoteknik penting yang digunakan untuk mengukur regangan di rongga bawah tanah, terowongan, struktur bangunan, beton, bendungan, dan jembatan dll. Fungsi utama dari strain gauge sensor adalah untuk menentukan tegangan dan variasinya terhadap waktu, secara tidak langsung dan kuantitatif. Perubahan pada tegangan ini ditentukan dengan mengalikan regangan yang terukur dengan modulus elastisitas.

Setiap strain gauge terdiri dari foil logam yang diisolasi oleh substrat fleksibel, seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas. Kedua kabel tersebut mengalirkan arus melalui pengukur, dan saat permukaan benda yang diukur meregang atau mengerut, saat itu juga perubahan resistansi diukur. Perubahan resistansi ini sebanding dengan perubahan panjang pada permukaan benda yang diuji, seperti yang ditunjukkan pada persamaan di bawah ini. Strain gauge sensor bekerja dengan mengukur perubahan hambatan listrik yang melintasi foil konduktif tipis.

Pengaplikasian Strain Gauge Sensor

Banyak pengaplikasian yang dapat dilaukan dengan menggunakan strain gauge sensor ini. Beberapa industri tersebut adalah Aerospace, Jembatan Kabel, dan Monitoring Rel Kereta. Berikut pengaplikasian pada alat strain gauge sensor:

  • Mengukur tekanan pada rel / jalur kereta api.
  • Mengukur tekanan pada defleksi sayap pesawat.
  • Pengujian pada komponen-komponen pesawat.
  • Pengujian ketegangan pada rotasi turbin, kipas, roda, baling-baling hingga motor.
  • Pengujian pada lambung kapal.
  • Monitoring Jembatan dan Bangunan Lainnya.

Mengenal Salah Satu Strain Gauge Sensor

ST350 Strain Transducer

Strain Gauge Transducer ini telah dirancang untuk mengukur ketegangan dengan cepat dan akurat pada berbagai struktur di lingkungan lapangan yang keras. Strain Gauge Transducer Sensor Wheatstone Bridge 350Ω penuh ini sangat akurat, kokoh, dan tahan air. Menyediakan kira-kira 3,5 kali output dari pengukur regangan foil biasa, sensor yang dapat digunakan kembali ini ideal untuk mengukur regangan beban langsung pada struktur dan dapat dipasang dalam beberapa menit di semua kondisi cuaca. Lebih dari 30 tahun pengalaman telah membuktikan unit ini menjadi standar emas untuk pengukuran lapangan yang akurat.

Nah, diatas merupakan artikel awal untuk pengenalan strain gauge sensor. Jika kalian berminat bisa menghubungi salah satu perusahaan yang sangat berpengalaman di bidang uji geoteknik, dsb. WWW.ALATUJIGEOTEKNIK.COM

Tinggalkan komentar

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai